Tuesday, June 3, 2014

CARA MENGURANGI STRES



Pengendalian pikiran untuk mengurangi stres


baiklah,, pada kesempatin ini saya akan mencoba untuk membahas tentang bagaimana kita belajar pengendalian pikiran untuk mengatasi stres. Dimana kita ketahui dijaman seperti sekarang tidak dapat dipungkiri pasti diantara kita ada yang mengalami stres,, nah semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menghadapi stres.
download
Pikiran tidak mudah untuk dikendalikan. Pikiran kadang suka memunculkan ide yang sangat ingin kita kubur dalam-dalam. Sebaliknya, pikiran juga seringkali menyembunyikan informasi yang ingin kita gali. Banyak orang mengalami masalah dalam hidupnya karena ketidakmampuan mengendalikan pikiran. selain itu masalah fisik juga sering menimbulkan beban pikiran untuk kita, dimana saat tubuh mengalami kelelahan akibat terlalu beratnya kerja fisik dari tubuh kita dapat menyebabkan pikiran kita juga bekerja berat untuk tetap fokus.
PENYEBAB TERJADINYA STRES
1. Kurang mampu untuk berpikir Positif
saat orang mengalami stres, ia merasa bahwa akan terjadi yang buruk terhadap dirinya, secarra terus menerus. Dalam keadaan ini sesorang akan lebih terfokus pada hal negatifnya, dan selalu membayangkan hal-hal negatif yang akan terjadi itu dapat memperburuk stress yang dialami oleh seseorang.
2. Terfokus pada Kesalahan
Orang-orang yang mengalami stress biasanya tidak percaya diri, mereka selalu merasa rendah diri, mereka merasa segala yang terjadi adalah adalah kegagalan, bahkan kesalahan yang sekecil apapun dianggap masalah besar dan sering kali menjadi pusat perhatian.
3. Lebih memperhatikan Kesalahan
Dalam kehidupan, kita pasti melakukan kesalahan; beberapa orang membuat lebih banyak kesalahan. Orang yang menderita depresi lebih memfokuskan diri pada jumlah kesalahan yang mereka buat. Sebagai hasilnya, mereka menciptakan kesan negatif mengenai kesalahan.
4. Merasa Lemah
Bagi orang yang mengalami stres mereka tidak pernah merasa puas dengan dirinya, Nasihat yang mereka peroleh dari teman-teman dan keluarga dianggap tidak perlu dan tak berguna. Mereka merasakan tidak mampu berharap akan sesuatu yang lebih baik, Mereka tidak berharap pada suatu waktu keadaan akan membaik. Mereka kehilangan harapan dan harapan perlahan hilang dari diri mereka.
MENGATASI STRES
KENALI PIKIRAN DAN PERASAAN NEGATIF ANDA,, Supaya anda mampu mengubah dan mengendalikan pikiran negatif yang membuat anda terperangkap dalam siklus stres, sangatlah penting bagi anda untuk mengenali alasan-alasan tersebut, yang merupakan penyebab utama anda merasa stres.
Teknik yang dapat digunakan adalah dengan mencatat pikiran negatif anda setiap hari selama beberapa waktu. Lalu anda bisa menghabiskan waktu kira-kira 20 menit setiap hari untuk mengenali, mengelompokkan, dan memeriksa pikiran-pikiran negatif tersebut. Catatan pikiran-pikiran anda dan pemeriksaan atas penyebab rasa depresi tersebut akan membuat anda mampu mengenali alasan mengapa anda terdorong ke keadaan mental yang buruk dan berakhir dengan depresi. Dengan mengenali pola pikir negatif tersebut, anda mampu mencegah, dan memperbaiki bahkan menghentikan siklus stres.

  1. Belajarlah untuk menangkap pikiran-pikiran tidak menentu yang sering muncul. Hal ini tidak bisa dilakukan satu atau dua kali saja. Dengan tekad yang kuat, anda bisa mengontrol pikiran tersebut dan membuatnya tunduk kepada anda.
  2. Belajarlah untuk mengontrol keinginan. Misalnya anda merupakan tipikal orang yang boros, setiap melihat barang bagus selalu ingin membeli. Belajar untuk melawan keinginan tersebut. Jika anda lebih kuat dari pikiran, maka seberapa besarpun keinginan yang muncul, anda pasti bisa mengendalikannya. Ini bukan permainan, jadi lakukanlah secara serius. Jika anda kalah pada tantangan pertama, tantangan berikutnya akan lebih sulit lagi. Jika anda mampu dikalahkan oleh hasrat anda, maka anda akan kembali dikendalikan oleh pikiran.
  3. Ulang dan ulang. Sugesti yang terus diulang akan semakin kuat tertanam di dalam pikiran bawah sadar anda. Jika anda ingin mengendalikan pikiran secara penuh, jangan hanya bersemangat di awal-awal saja. Terus lakukan hingga anda berhasil mengontrol pikiran tersebut.
nah sekian yang dapat saya berikan,, semoga artikel ini dapat membantu anda..
bahagia
sedikit pesan dari saya,, sebaik jiga kita mengalami stres atau merasakan tekanan terhadap diri kita sendiri, sebaiknya kita mencoba untuk berpikir positif,, dan mencoba unutk menyadari apa yang sebenarnya terjadi, menerima diri kita sendiri, selalu bersyukur, dan ikhlas serta sabar untuk menjalani semuanya.. setiap masalah yang datang dijadikan beban,, jadikan itu sebagai motivasi agar kita mampu untuk menjadi yang lebih baek..
terima kasih,, :) tetaplah berpikir positif.

No comments:

Post a Comment